Kamis, 24 November 2016

Pengertian Informasi

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan informasi? Nah, kalau kita melihat ke atas, yaitu mengenai data, maka kita pun sudah bisa mengetahui apa itu arti dari informasi. Informasi adalah kumpulan data, yang sudah diolah sedemikain rupa, sehingga nantinya dapat memberikan informasi dan juga manfaat bagi kalangan tertentu ataupun bagi semua orang. Dalam prosesnya, data yang sudah dihimpun dan juga sudah dimiliki, kemudian diolah sedemikian rupa, sehingga data tersebut kemudian dapat menghasilkan sesuatu yang berguna dan juga informative. Ada beberapa cara pengolahan data yang bisa kita lakukan, yaitu:
  • Pengolahan data menggunakan metode statistic (banyak digunakan pada disiplin ilmu sosial)
  • Pengolahan data dengan melakukan analisa dan membandingkan dengan teori dan fakta lain
  • Melakukan pengolahan data dengan menggunakan bantuan komputer (seperti membuat laporan, menghitung, dan sebagainya).
Itu adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian dari informasi. Nah, untuk semakin memperjelas definisi dan pengertian mengenai informasi ini, ada beberapa contoh informasi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari informasi :
  1. Kueseioner yang berperan sebagai data diolah dengan menggunakan metode tertentu, yang akan memberikan hasil, berupa diterima atau ditolaknya hipotesis, sehingga bermanfaat untuk peneliti ataupun kalangan lain
  2. Pengolahan data keuangan kantor, akan menjadi bermanfaat setelah diolah. Informasi yang diperoleh seperti keuntungan, kerugian, dan segala bentuk transaksi keuangan akan menjadi bermanfaat ketika data keuangan sudah diolah menjadi laporan keuangan
  3. Dalam proses penyidikan dan penyelidikan polisi, temuan data dan juga fakta di lapangan, akan diolah dan dianalisa, sehingga menjadi informasi yang berguna untuk mengungkap siapa pelaku, tersangka, dan juga orang yang bertanggung jawab atas sebuah perbuatan criminal.
Berdasarkan definisi dan pengertian mengenai informasi yang sudah dibahas, maka ada beberapa hal yang bisa kita simpulakan, terutama mengenai ciri – ciri dari informasi, yaitu :
sponsored links
  • Informasi adalah data yang sudah diolah dengan berbagai metode dan teknik
  • Informasi sudah pasti akan bermanfaat bagi satu orang, dan lebih
  • Informasi mampu menjawab dugaan, hipotesis, keyakinan, dan juga memastikan suatu hal dari sebuah periwtiwa
  • Dengan adanya informasi, maka suatu fakta dan juga peristiwa akan menjadi jelas
  • Dibutuhkan kemampuan khusus dalam memperoleh informasi, seperti kemampuan analisa, berpikir kritis, kemampuan logika, dan kemampuan statistika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar